Jumat, 16 Desember 2011

SAMPAH


     SAMPAH  

 Sampah merupakan suatu bahan yang dibuang atau terbuang sebagai hasil dari aktivitas manusia maupun hasil aktivitas alam yang tidak/belum memiliki nilai ekonomis. Sampah yang dihasilkan bermacam-macam bentuk dan jenisnya. Secara garis besar sampah dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu: Sampah kering atau sampah anorganik dan Sampah basah atau sambah organik
        Permasalahan yang sampai sekarang masih belom bisa di hentikan yaitu sampah. Pengelohan sampah bisa di lakukan dengan berbagai cara melalui 3R(Reduce,Reuse,Recycle).
•  Reduce (Mengurangi); sebisa mungkin lakukan minimalisasi barang atau material yang kita pergunakan. Semakin banyak kita menggunakan material, semakin banyak sampah yang dihasilkan.
•  Reuse (Memakai kembali); sebisa mungkin pilihlah barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hindari pemakaian barang-barang yang disposable (sekali pakai, buang). Hal ini dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebelum ia menjadi sampah.
•  Recycle (Mendaur ulang); sebisa mungkin, barang-barang yg sudah tidak berguna lagi, bisa didaur ulang. Tidak semua barang bisa didaur ulang, namun saat ini sudah banyak industri non-formal dan industri rumah tangga yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain.
Di sekolah sendiri menggunakan cara yang berbeda, yaitu pemisahan antara sampah Organik dengan sampah Anorganik,dengan menyediakan 2 Tempat sampah yang berbeda. Kemudian di buang di bank Sampah yang tersedia di belakang.

0 komentar:

Posting Komentar